Apa yang diajarkan Euro kepada kami – Berita Industri Game Eropa



Waktu Membaca: 7 menit

Ivan Lebeau adalah seorang veteran yang menggerogoti industri game, telah bekerja selama lebih dari 25 tahun di video game dan pengembangan teknologi. Ivan mendirikan Gamestream pada tahun 2015 dengan ambisi untuk menciptakan solusi video game cloud global tercanggih untuk industri profesional.

Di sini dia berbicara tentang Gamestream dan apa yang ditawarkannya. Mungkin, hal yang paling mencerahkan dalam wawancara ada dua. Pertama, model bisnis B2B2C yang langka dari Gamestream di industri game. Kedua, teknologi eksklusifnya yang memungkinkan streaming game tanpa batas dengan kecepatan internet serendah 4mbps.

Dia juga menjelaskan “resep ajaib” teknologi Gamestream. Langsung saja kita ke wawancaranya.

Q. Kami biasanya memulai wawancara pendiri kami dengan pertanyaan saham. Ini dia: Apa yang memotivasi Anda untuk menemukan Gamestream?

SEBUAH. Motivasi utama saya dalam mendirikan Gamestream adalah untuk mendemokratisasikan kegembiraan pengalaman video game. Saya melihat ini sebagai membuat game berkualitas konsol tersedia untuk semua orang, di mana saja, kapan saja. Teknologi cloud gaming milik Gamestream dapat berkembang dengan kecepatan internet yang relatif rendah, yang berarti ia memiliki aplikasi hebat di negara berkembang di mana perangkat keras dan koneksi game yang mahal tidak selalu realistis.

Motivasi kuat lainnya adalah membawa video game ke bidang perhotelan dan perawatan kesehatan. Terinspirasi oleh permainan Pengampunan, yang telah terbukti membantu kaum muda menavigasi diagnosis dan perawatan kanker mereka, kami di Gamestream sangat percaya pada kekuatan penyembuhan video game. Karena itu, kami bekerja sama dengan mitra seperti BePlayer One, yang bertujuan membuat game lebih inklusif bagi penyandang disabilitas, dan L’École des Héros, yang membantu remaja mengatasi kecemasan sosial melalui game. Platform Gamestream juga kompatibel dengan gamepad utama yang diadaptasi untuk penyandang disabilitas.

Q. Apa model bisnis Gamestream?

SEBUAH. Gamestream adalah pemimpin dunia dalam solusi streaming video game cloud yang memberikan pengalaman bermain game berkualitas konsol di perangkat yang sudah dimiliki kebanyakan orang, termasuk smartphone (iOS dan Android), TV (OTT dan Smart TV), PC, Mac, dan tablet.

Kami menawarkan mitra kami layanan cloud gaming end-to-end yang lengkap. Sementara mereka bertanggung jawab atas pemasaran, penagihan, dan hosting, Gamestream memasok teknologi kami, server kami yang sangat hemat biaya, dan konten premium – judul AA dan AAA yang disediakan oleh penerbit video game terkemuka – serta pelaporan data yang canggih. Kami membantu mitra kami mengurangi churn pelanggan dan meningkatkan pendapatan rata-rata per pengguna dengan meningkatkan posisi pasar dan pusat hiburan mereka.

Mengikuti model bisnis Spotify dan Netflix yang telah terbukti, mitra Gamestream menawarkan layanan cloud gaming ini kepada pelanggan mereka melalui langganan multi-perangkat yang terjangkau (biasanya sekitar $10 per bulan). Pelanggan kami mengembalikan persentase dari pendapatan bulanan ini ke Gamestream, yang pada gilirannya kami distribusikan di antara penerbit game yang mengisi katalog kami. Selain model bagi hasil ini, kami juga menerima biaya tidak berulang dari mitra telekomunikasi kami untuk menyesuaikan, mengintegrasikan, dan memelihara layanan kami di jaringan mereka.

Layanan Gamestream telah digunakan di bawah merek berlabel putih di seluruh Eropa, Timur Tengah, dan Asia melalui mitra di bidang telekomunikasi dan perhotelan. Contohnya adalah NEO Gaming milik Telekom Slovenije dan GameQoo milik Telkom Indonesia. Pelanggan juga dapat memilih untuk menggunakan merek konsumen kami, Pleio. Dengan Pleio, kami menawarkan pengalaman teknologi dan game eksklusif yang sama, tetapi di bawah merek Gamestream yang berarti kami mengambil manajemen komunitas dari pengguna pelanggan kami yang mendaftar ke layanan tersebut. Bouygues Telecom, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Prancis, telah menggunakan Pleio sejak peluncurannya yang sukses pada akhir 2020.

Q. Apa perbedaan Gamestream dengan layanan cloud gaming lainnya, misalnya XBOX Game Pass?

SEBUAH. Tidak seperti banyak layanan game cloud lainnya yang masih mengandalkan perangkat keras game khusus atau membeli game satu per satu, Gamestream menawarkan pengalaman berkualitas konsol yang sepenuhnya berbasis cloud. Tidak ada unduhan atau pembelian tambahan untuk pengguna kami, dan tidak ada iklan. Layanan kami juga tersedia di enam jenis perangkat utama – lebih banyak dari operator lain di pasar.

Kami adalah salah satu dari hanya dua perusahaan di ruang cloud gaming yang menyediakan platform cloud dengan katalog game berbasis B2B2C. Ini berarti bahwa kami biasanya tidak memiliki hubungan langsung dengan pengguna akhir – mereka cenderung menjadi pelanggan dari mitra industri kami.

Teknologi eksklusif Gamestream memungkinkan kami untuk menawarkan pengalaman bermain game yang luar biasa menggunakan kecepatan internet serendah 4mbps – dibandingkan dengan 10-15Mbps yang direkomendasikan oleh platform game cloud lainnya. Tidak seperti layanan cloud gaming lainnya, kami mengurangi beban penggunaan bandwidth ekstra pada perusahaan telekomunikasi dengan mengintegrasikan secara erat dengan infrastruktur server mereka. Dengan mengintegrasikan server kami di pusat data klien, kami dapat menawarkan solusi yang jauh lebih hemat biaya dan menguntungkan daripada penyedia lain. Ini juga berarti layanan kami berkinerja sangat baik di pasar dengan infrastruktur jaringan yang kurang berkembang – tetapi bayangkan juga pengalaman luar biasa yang dapat kami capai dengan 4K, VR, dan AR saat peluncuran 5G semakin cepat!

Q. Dengan cara apa penerbit game mendapat manfaat dari bergaul dengan platform Gamestream?

SEBUAH. Gamestream saat ini melisensikan game dari lebih dari 60 penerbit termasuk Disney, Capcom, Deep Silver, Codemasters, Focus Home Interactive, dan banyak lainnya.

Pertama-tama, kami menyediakan aliran pendapatan tambahan yang disambut baik untuk mereka, dengan game lawas baru dan populer yang cocok untuk katalog kami. Kami membuat ini sangat sederhana dengan mem-porting satu versi game mereka ke layanan kami dan memungkinkan pengguna untuk memainkannya di TV, Smartphone Android & iOS, PC, Mac, dan Smart TV.

Selain itu, kami membuka pasar baru yang menarik bagi mereka. Ini termasuk negara berkembang di Asia, Timur Tengah dan Eropa Timur – dan segera India – serta perhotelan (dimulai dengan hotel, yang merupakan aliran pendapatan baru bagi penerbit game).

Q. Anda telah menjalin kemitraan dengan beberapa operator telekomunikasi. Seberapa penting kemitraan ini untuk pertumbuhan Gamestream?

SEBUAH. Kami memulai penerapan label putih kami pada tahun 2019 dengan operator telekomunikasi besar di Indonesia dan Dubai, kemudian di Taiwan, Eropa (2020) dan segera di India.

Kemitraan ini adalah bagian penting dari pertumbuhan kami, menyediakan akses siap pakai ke jutaan pelanggan potensial dan infrastruktur pemasaran dan penagihan yang ada yang dioperasikan oleh perusahaan telekomunikasi itu sendiri. Jangkauan layanan kami akan mencapai 80 juta pengguna potensial pada akhir tahun 2021 dan 400 juta pada akhir tahun 2022 – bagaimana lagi kami dapat menjangkau begitu banyak pelanggan potensial dengan begitu cepat?

Kedua, peluncuran di pasar ini membantu kami untuk lebih memahami tren game lokal. Kami menambahkan game lokal ke katalog kami, dan memiliki keahlian yang berkembang dalam penggunaan lokal serta strategi pemasaran terbaik untuk akuisisi pengguna.

Pemahaman global tentang pasar dan basis pengguna ini memungkinkan kami untuk meluncurkan layanan cloud khusus untuk penerbit video game itu sendiri. Konten berkualitas tinggi sangat penting untuk menciptakan layanan cloud gaming yang sukses – jadi siapa yang lebih baik meluncurkannya selain pembuat konten itu sendiri? Menggunakan teknologi Gamestream, pengembang dapat menawarkan demo game mereka di cloud, atau bahkan memulai layanan cloud gaming mereka sendiri untuk menjadi merek media dengan hak mereka sendiri.

Q. Gamestream juga melayani industri perhotelan, misalnya hotel dan kapal pesiar. Bagaimana tanggapan industri perhotelan, terutama selama dan pascapandemi Covid 19?

SEBUAH. Sebagian besar industri perhotelan tentu saja terkena dampak negatif dari Covid-19. Namun, dengan pertumbuhan game yang lebih luas yang telah kita lihat selama pandemi, penyedia layanan perhotelan menjadi semakin mendesak untuk menemukan cara untuk mengintegrasikan game ke dalam penawaran mereka kepada pelanggan.

Kami memiliki sejumlah kemitraan yang berkembang dengan merek inovatif seperti Accor, yang meminta agar layanan cloud gaming mereka segera diaktifkan kembali setelah dibuka kembali, dan berharap dapat berkembang lebih banyak lagi sepanjang tahun 2021.

Q. Apa keuntungan dan keuntungan bisnis – hotel, rumah sakit atau kapal pesiar – dapat diperoleh dari Gamestream?

SEBUAH. Inovasi adalah topik utama dalam industri perhotelan dan pariwisata untuk pulih dari pandemi global. Kami bepergian untuk melarikan diri, untuk bersosialisasi, untuk meningkatkan kesejahteraan kami. Semakin banyak orang dan keluarga melakukan ini melalui media permainan. Demikian juga, mendorong milenium dan Gen X untuk memilih hotel atau resor daripada AirBnB berarti melayani mereka secara langsung.

Kami telah melihat merek seperti Atari plan hotel bertema game. Meskipun tidak mungkin bagi sebagian besar perusahaan perhotelan untuk mengubah model bisnis mereka dan memulai lagi, sangat mudah untuk mengintegrasikan penawaran cloud gaming kelas dunia untuk pelanggan mereka. Hasilnya adalah mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru, serta meningkatkan pembelanjaan di area umum.

Di Gamestream, kami dapat melakukan ini untuk pelanggan global kami melalui pusat data atau instalasi lokal, yang berarti mereka dapat menawarkan layanan cloud gaming bahkan tanpa broadband serat optik. Kami dapat mengintegrasikan layanan secara langsung dengan Samsung, Phillips, dan banyak pilihan Android Smart TV, atau melalui plug-in rahasia di mana TV belum ditingkatkan baru-baru ini. Seperti halnya perusahaan telekomunikasi, tidak ada belanja modal di pihak merek perhotelan.

Selain di dalam kamar, kami telah melihat permintaan yang besar di area umum seperti lobi dan area bermain anak-anak. Layanan kami juga sempurna untuk resor, kamp liburan, kapal pesiar, area ski – daftarnya tidak terbatas. Kami juga sedang menjajaki bagaimana layanan kami dapat digunakan untuk memberikan pengalaman esports di ruang bersama.

Q. Di negara mana Anda beroperasi sekarang? Ada rencana ekspansi segera?

SEBUAH. Layanan cloud gaming kami sudah tersedia di tiga benua. Dari Prancis dan Swiss hingga Taiwan, Slovenia, Indonesia, UEA, dan segera India, orang-orang menikmati akses tak terbatas ke katalog kami.

Dalam hal ekspansi, kami telah melipatgandakan pendapatan kami selama setahun terakhir dan sedang dalam perjalanan untuk menggandakan ukuran organisasi tahun ini. Kami berharap untuk terus mengembangkan basis pelanggan global kami di bidang telekomunikasi, perhotelan, dan perawatan kesehatan – layanan cloud gaming kami dapat digunakan dengan cepat di wilayah mana pun!

Cloud gaming adalah kasus penggunaan terbaik untuk 5G, dan Anda dapat melihat kami tumbuh terutama di Asia dan Timur Tengah tempat 5G diluncurkan. Menurut Newzoo, nilai pasar game cloud berada di jalur yang tepat untuk melampaui angka lima miliar dolar pada tahun 2023, menunjukkan skala peluang yang tersedia.

Q. Terakhir, dapatkah Anda membagikan beberapa wawasan tentang teknologi di mana platform Gamestream dibangun?

SEBUAH. Resep ajaib Gamestream adalah kombinasi dari teknologi kelas industri yang telah dicoba dan diuji dengan antarmuka modern yang mulus, katalog game terkemuka, dan strategi multi-perangkat.

Apa yang memungkinkan kami untuk memberikan pengalaman berkualitas tinggi bahkan pada koneksi yang relatif lambat adalah kemampuan kami untuk mengompresi dan menskalakan grafik menggunakan standar kompresi video yang disebut H265. Kami juga masuk ke kode permainan di katalog kami untuk menentukan kekuatan pemrosesan yang mereka butuhkan dan sangat gesit dalam mendistribusikan beban server. Intinya, kami menggunakan teknologi cloud untuk menyuntikkan kekuatan pemrosesan komputer paling canggih ke dalam perangkat sehari-hari biasa yang dimiliki orang.

Prize hari ini Data SGP 2020 – 2021. Prediksi menarik yang lain tampil dilihat secara terjadwal melewati pemberitahuan yang kami sisipkan di laman ini, serta juga dapat dichat terhadap petugas LiveChat pendukung kita yg menjaga 24 jam Online dapat mengservis seluruh maksud antara visitor. Lanjut secepatnya daftar, & ambil prize Lotre dan Live Casino On-line tergede yg terdapat di web kita.